Belakangan ini kalian tentu sering mendengar istilah Personal Branding. Tahukah kalian layaknya produk atau jasa, setiap individu juga wajib memiliki personal branding.  Personal branding itu adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku kalian di depan umum.

social-media-3129486_960_720

Pernahkah kalian mencoba untuk mencari tahu tentang diri kalian di Google ? Kalian pasti setuju kalau setiap individu itu berbeda. Pernahkah kalian tahu di mana letak perbedaan kalian dengan teman atau sahabat kalian ?  Bisakah orang lain dengan sekali klik di Google akan tahu langsung perbedaan kalian dengan orang lain ? Mau tahu caranya untuk  untuk membedakan diri kalian dengan orang lain ?

diffrent person

Ya, kalian harus memiliki personal branding . Memiliki personal branding yang kuat membuat kalian menjadi remarkable people, seseorang yang luar biasa, memiliki perbedaan, dan ada nilai tambah dibandingkan individu lainnya.

Pertanyaan selanjutnya, sudahkah kalian sebagai individu memiliki personal branding yang bagus?

Cara paling mudah mengukurnya adalah dengan bertanya kepada diri sendiri, “Kalian ingin dikenal seperti apa ? ”, dan kemudian “Bagaimana orang lain mengenal Kalian ?” Jika sudah klop, maka personal branding kalian sudah bagus. Contohnya Atta Halilintar yang dikenal sebagai YouTuber nomor satu di Indonesia dengan jumlah subscriber mencapai 18,5 juta. Dia  mengunggah konten hampir setiap hari dan kerap masuk dalam video trending YouTube Indonesia. Atta berhasil menjadi seorang yang mampu ‘membedakan’ dirinya dari orang lain. Positioning yang bagus, di saat sebenarnya banyak sekali orang yang kreatif di Indonesia. Lantas ke mana orang-orang kreatif lainnya? Sudahkah mereka memiliki personal branding yang kuat sebagai orang kreatif?

atta-halilintar

Source : https://cdn2.tstatic.net/tribunnews

Nah, Berikut ada 4 cara mudah untuk membangun personal branding kalian . Langkah pertama adalah Temukan Brand Kalian. Sebelum melangkah lebih jauh, temukan terlebih dahulu apa brand yang ingin kalian ciptakan. Misalnya kalian ingin menjadi Creative Mobile Photographer atau Travel Blogger. Dalam membangun brand tersebut harus benar dan positif.

Setelah kalian menemukan Brand kalian, tanamkan integritas dan karakter dari brand itu ke dalam diri kalian. Jika perlu, gaya kalian berpakaian, gaya kalian bicara, gaya kalian berjalan dan bacaan-bacaan kalian pun harus menunjukkan kalau memang itulah brand kalian. Pastikan brand kalian muncul dari hati yang paling dalam dan tulus. Menjadi seseorang yang memiliki personal branding berarti menjadi diri sendiri bukan palsu.  Setelah kalian yakin dengan brand kalian , buatlah positioning yang kuat dengan mengerucutkan brand kalian. Misalnya jika kalian ingin menjadi travel blogger buatlah blog dengan tulisan orisinil. Kalian benar-benar mengunjungi destinasi tertentu, dan jangan lupa harus ada foto kalian loh .  Step selanjutnya , untuk memperkuat personal branding kalian adalah memberikan bukti-bukti portfolio tentang brand yang kalian bangun. Misalnya sebagai Travel Blogger , perbanyak portfolio berupa tulisan kalian tentang destinasi favorit di Indonesia bahkan dunia,  tampilkanlah foto-foto terbaik yang pernah kalian dapatkan sehingga membantu kalian dalam membangun trust.

Tips terakhir adalah membangun networking. Networking adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam personal branding. Meskipun kalian adalah orang yang pemalu atau tidak suka bertemu dengan orang asing, membangun networking adalah sebuah keharusan. Melalui networking kalian bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik, klien baru, investor, atau bahkan mentor baru. Sudahkah kalian memiliki personal brand? Jika belum, sekaranglah saatnya… !

 Di tulis oleh Team Ezzy Career Elizabeth Interntaional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *