Perhelatan Indonesia Tourism Outlook 2020 baru saja usai digelar pada Jumat ( 22/11 ) di Bali Nusa Dua Convention Center. Agenda tahunan yang di inisiasi oleh Estepers merupakan salah satu event bergengsi yang selalu di tunggu-tunggu oleh para stakeholders Pariwisata di Bali khususnya. Kegiatan ITO 2020 kali ini merupakan kegiatan ke -5 ditahun keempat oleh kepengurusan Estepers periode 2015-2019. Estepers merupakan rebranding dari Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali yang saat ini sudah berganti nama menjadi Poltekpar Bali.

 ITO 2020 menjadi sangat istimewa karena dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio bersama wakilnya Angela Tanoesoedibjo. Kehadiran Menparekraf untuk membuka kegiatan ITO 2020 sekaligus menjadi Keynote speaker pada kegiatan ini. ITO 2020 ini merupakan kegiatan pariwisata yang pertama kali dihadiri oleh Wishnutama Kusubandio dan Angela Tanoesoedibjo sejak dilantik sebagai Menteri dan Wamen. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio sangat mendukung Estepers dalam menggeliatkan pariwisata Tanah Air melalui kegiatan Indonesia Tourism Outlook 2020.

Kesuksesan penyelenggaraan ITO 2020 tentunya didukung oleh banyak pihak, baik itu para stakeholders pariwisata di Bali, para sponsor, media dan juga asosisasi yang bergerak di industri pariwisata. Namun dibalik semua itu kerja keras panitia yang merupakan pengurus dari Estepers merupakan suatu hal yang sangat menentukan keberhasilan kegiatan ITO 2020 ini.  Persiapan ITO 2020 sudah dilakukan sejak bulan Pebruari 2019 dan melibatkan kurang lebih 15 orang pengurus Estepers yang secara intensif mempersiapkan kegiatan ini. Untuk kedua kalinya Estepers mendaulat I Gede Nyoman Saptaadi sebagai Project Director ITO 2020, didukung oleh team panitia yang bekerja dengan sangat antusias dan penuh semangat.

Indonesia Tourism Outlook ini sebagai bentuk idealisme dan sumbangsih dari para alumni yang berpengalaman di bidang pariwisata untuk menjadikan pariwisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata terbaik di dunia yang memiliki competitive dan comparative advantage yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis masyarakat.  Tahun ini merupakan ITO ke-5 yang digelar oleh Estepers.

Keberhasilan Estepers melaksanakan kegiatan ITO sejak 4 tahun lalu tidak lepas dari peran I Nyoman Sukadana yang merupakan Ketua Umum Estepers periode 2015 – 2019. Sosok laki -laki yang akrab disapa Coach Nyoman ini merupakan sosok yang memiliki andil sangat besar dalam perhelatan Indonesia Tourism Outlook ini. Beliau merupakan salah satu tokoh yang menginisiasi hadirnya ITO sebagai salah satu agenda tahunan Pariwisata di Bali dan menghadirkan para pembicara hebat dari berbagai sektor di Industri Pariwisata dan juga salah satunya Prof. Rhenald Kasali yang merupakan akademisi dan praktisi bisnis serta Founder Rumah Perubahan, yang juga merupakan guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pada kegiatan ITO 2020 kali ini, Coach Nyoman juga tampil memberikan sambutan didepan Menparekraf, Wamen dan seluruh jajaran stakeholders di Bali yang hadir serta Deputi dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.  Coach Nyoman tampil sangat percaya diri dan menyampaikan kebanggaan serta apresiasi beliau kepada Menparekraf beserta Wamen yang telah berkenan menghadiri ITO 2020 , yang mana ini merupakan pertama kalinya Indonesia Tourism Outlook dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sejak perhelatan ITO pertama pada tahun 2015 yang lalu. Dalam kegiatan ITO 2020 Coach Nyoman juga menyampaikan bahwa pariwisata harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga, kolaborasi teknologi dan operasional dari sektor pariwisata, dapat berjalan selaras untuk menghasilkan data akurat yang dapat di gunakan sebagai acuan layanan dan operasional.  Melalui kegiatan ITO 2020 , Estepers ingin mengajak berbagai kalangan yang berada di sektor Pariwisata bersama-sama memahami bahwa teknologi akan membantu serta membawa perubahan besar pada bidang usaha kepariwisataan di seluruh dunia!

Berbicara mengenai sosok Coach Nyoman  yang juga merupakan Founder dan CEO Elizabeth International, tak lepas dari keberhasilannya membawa Estepers sebagai salah satu Ikatan Alumni Mahasiswa yang mampu mengibarkan bendera almamaternya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua  Bali.  Kegiatan ITO merupakan salah satu bukti peran serta Estepers memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan dunia pariwisata di Bali. Coach Nyoman terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Estepers periode 2015 – 2019 dan sejak kepemimpinan beliau, Ikatan Alumni Mahasiswa STP Nusa Dua Bali ( Poltekpar ) menggeliat kembali.  Didukung oleh para pengurus Estepers yang lainnya, Coach Nyoman berhasil membawa Estepers dikenal secara regional maupun nasional. Bahkan dalam kegiatan ITO 2020, Meparekraf menegaskan agar kegiatan Indonesia Tourism Outlook mampu memberi sumbangsih bagi kemajuan pariwisata Indonesia melalui sharing informasi, data serta gambaran terkini dan masa mendatang tentang perkembangan industri pariwisata di Bali dan Indonesia pada umumnya.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Estepers berhasil menghelat kegiatan yang berskala Nasional dan selalu mendapatkan dukungan oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif setiap tahunnya. Tentunya Estepers berharap agar ITO dapat manjadi salah satu agenda tahunan tetap dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Estepers dibawah kepemimpinan Coach Nyoman merupakan Ikatan Alumni Mahasiswa yang tidak memungut iuran keanggotaan sama sekali sejak awal didirikan. Indonesia Tourism Outlook dapat terselenggara tentunya dengan kerja keras dari para pengurus Estepers yang tehimpun dalam kepanitian ITO untuk menghimpun sponsorship dari berbagai pihak yang bergerak di Industri Pariwisata di dalam maupun diluar Bali. Semangat kerja keras dan ikhlas yang ditularkan oleh Coach Nyoman kepada team panitia ITO merupakan vitamin yang selalu menjadi motivasi setiap anggota memberikan kontribusi terbaik untuk menyukseskan  kegiatan ini.

“ Great leaders empower others “  Quote ini rasanya sesuai untuk diberikan kepada Coach Nyoman Sukadana yang selalu mampu memberikan semangat, motivasi dan inspirasi kepada anggota Estepers untuk selalu bekerja ikhlas dan tuntas ! Congratulations to Coach Nyoman and the Committee who involved in the very successful Indonesia Tourism Outlook 2020 ! Jayalah Estepers !

DS – Ezzy Career Team Elizabeth International

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *