“Ah, kerjanya kan cuma bersih-bersih dan jadi pelayan!”

Membersihkan kamar serta menghidangkan makanan di meja menjadi sebagian kecil hal yang dipelajari di sekolah perhotelan. Namun jangan salah ya , pekerjaan di hotel justru bisa melatih ketekunan dan ketelitian. Jangan lupa juga bahwa ada jenjang karier, serta banyak pilihan pekerjaan yang bisa kalian pilih.

Bekerja di dunia perhotelan kalian dituntut untuk bisa gesit, multitasking, dan sabar. Industri perhotelan fokus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Karena itu, jangan heran apabila pekerjaan ini menuntut kalian untuk bisa bersabar dan gesit dalam menghadapi orang lain. Semua pekerjaan yang bergerak di bidang jasa umumnya sama-sama membutuhkan karyawan yang ramah dan memiliki jiwa melayani yang baik di segala suasana. Dibutuhkan keramahan untuk bisa melayani tamu dengan baik, dan juga kesabaran ekstra untuk menghadapi komplain atau permintaan tamu.

Bekerja di dunia perhotelan seringkali dikaitkan dengan pekerjaan yang seru, seperti kesempatan untuk menikmati kemewahan di hotel dan fasilitasnya, namun disisi lain bekerja di Hotel juga kerap dianggap remeh dan kurang prospektif dibandingkan pekerjaan lainnya . Eits….sebelum buru-buru tergiur atau meremehkan pekerjaan di bidang perhotelan, ada baiknya kalian memahami dulu nih serba-serbi industri ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kalian lakukan. Setelah kalian membaca artikel ini kalian akan tahu ternyata lingkup pekerjaan di perhotelan tidak kalah menantang dari bidang lainnya, lho!

Bekerja di dunia perhotelan tidak melulu seputar menjadi pelayan. Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa ditekuni. Kalian akan menemukan banyak jenis pekerjaan dan juga peluang karir di perhotelan. Kalau di hitung-hitung , ada lebih dari 20 Jenis Pekerjaan di perhotelan, mulai dari  Clerk sampai dengan Manager. Secara umum, ada dua jenis pekerjaan yang terdapat di hotel. Keduanya adalah tipe pelayanan kepada tamu dan yang kedua, pekerjaan yang sifatnya administratif. Ada beberapa jenis pekerjaan di bidang pelayanan tamu atau guest contact, seperti Front Desk Attendant, Porter, Concierge, Housekeeping, Room Service, Waiter / Waitress, Cook atau Koki, Front Office Supervisor, Housekeeping Supervisor, Restaurant Supervisor, Executive Chef, Restaurant Manager , Executive Housekeeper and Room Division Manager.

Nah untuk jenis pekerjaan kedua ini bertipe administrative, misalnya Sales and Marketing Manager, Event Planner,  Chief Accounting, Purchasing, Storekeeper, Cost control, Assistant Executive Manager hingga Hotel Manager atau General Manager. Jenjang karir pun sangat menjanjikan di dunia perhotelan pada saat kalian mampu menunjukkan kompetensi dan performa terbaik pada bidang yang kalian kuasai.

Pekerjaan di bidang perhotelan ternyata seru dan sangat bervariasi, bukan? ? Nah, buat kalian yang sudah tidak sabar ingin terjun ke industri perhotelan, persiapkan diri kalian dengan pengetahuan (knowledge ) , keahlian ( skill ) dan mental yang mumpuni sehingga kesuksesan akan mudah kalian raih !

 Di tulis oleh Team Ezzy Career Elizabeth Interntaional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *