Tentang Coach Nyoman Sukadana

10274146_10205742391618880_5452428416704202040_n   Sosok muda yang biasa dipanggil Coach Nyoman dilahirkan tahun 1981 di Banjar Temen, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli – Bali ini dikenal sangat bersahaja, santun dan enerjik.

Masa kecilnya di habiskan di kampung halaman bersama keluarganya, Nyoman dibesarkan dalam lingkungan petani, kesehariannya dihabiskan bersama ayahnya di kebun dan sesekali di pasar untuk membantu ibunya yang berjualan di pasar.

   Kehidupan pasar telah banyak berpengaruh terhadap Nyoman ketika besar, sense of business-nya tumbuh dan berkembang. Hobinya saat dia kecil adalah menonton pedagang obat yang cuap – cuap memasarkan obatnya di tengah – tengah ramenya suasana pasar. Nyoman bisa – bisa menjadi penonton setia dari mulai pedagang obat itu buka hingga tutup sekitar jam satu siang. Nyoman sangat terkesima dengan kemampuan bicara pedangang – pedagang obat tersebut yang kadang – kadang pula menunjukkan berbagai atraksi akrobatik dalam memancing pengunjung agar lebih ramai.

   Nyoman adalah sosok muda yang sangat aktif, lihat saja kiprahnya dalam berbagai organisasi, beberapa diantaranya adalah aktif di organisasi dunia yang berkantor pusat di Amerika yaitu Junior Chamber International, ia mulai karirnya di JCI Indonesia dari posisi Chairman of International Affair  sampai dengan posisi National Executive Vice President Junior Chamber International Indonesia, Ketua bidang pengembangan organisasi Asosiasi Manajemen Indonesia, Ketua Umum Estepers (Ikatan Alumni BPLP – STP Nusa Dua Bali, dan berbagai organisasi kepemudaan lainnya.

   Tidak sampai disitu, kiprahnya untuk memajukan dunia kepemudaan terus berlanjut, Coach Nyoman adalah inisiator dan pendiri komunitas i-Join yang  bergerak dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan remaja dan pemuda. I-Join scholarship adalah salah satu gerakan hebat dari komunitas ini berupa gerakan  beasiswa pendidikan keahlian perhotelan dan pariwisata kepada masyarakat tidak mampu di Bali.

   Dalam hal karya tulis, Coach Nyoman telah menelorkan 5 buku yang diterbitkan oleh Gramedia group, By Pass publishing, Jagad Press dan Elizabeth Press. Berbagai tema karya – karyanya seperti marketing, motivasi, entrepreneurship, karir dan pengembangan diri.

   Berbagai konferensi tingkat international telah ia ikuti di berbagai Negara di Europa dan Asia (Jerman, Hongkong, Taiwan, Macau, Thailand, India, Singapura, Korea, Philipina dan Jepang).

   Coach Nyoman juga aktif berbicara dalam berbagai isu di berbagai daerah di Indonesia dan sempat dianugerahkan penghargaan Top young Executive of the Year. Dia mendedikasikan dirinya dalam bidang pendidikan anak- anak yang dimulai dari mendirikan kursus bahasa inggris dan computer di tahun 2002 dan lembaga – lembaga yang didirikannya itu ber-transformasi menjadi kampus perhotelan Elizabeth International, kampus perhotelan ini ia dirikan tahun 2009 tepat di usianya yang ke- 27 tahun dan Ia dikenal sebagai pendiri kampus perhotelan termuda di Indonesia. Kampus ini pula adalah satu –satunya kampus perhotelan berbasis entrepreneurship di Indonesia tercatat di Museum rekor Indonesia MURI.

   Pemuda yang tidak pernah berhenti berkarya, penuh semangat dan memiliki dedikasi tinggi di bidang kepemudaan ini memiliki hobby travelling dan kuliner. Tokoh idolanya adalah Anita Roddict pendiri The Body Shop.

   Penghargaan demi penghargaan telah disabetnya dalam berbagai forum nasional, Ia juga sempat di anugerahkan sebagai Entrepreneur of the Year oleh Majalah Money & I dan BPR Lestari. 

    Sebagian besar dari aktifitasnya dihabiskan dalam kegiatan sosial dan pendidikan, motto hidupnya di inspirasi oleh salah satu creed dari Junior Chamber International yang berbunyi Service to Humanity is the Best Work of Life.

Stay connected with coach nyoman :

facebook   twiit  instagram