“Metode itu banyak, sementara prinsip itu sedikit. Mereka yang berpegang pada prinsip akan mampu memilih metodenya sendiri. Namun mereka yang menjalankan metode tetapi mengabaikan prinsip, pasti akan menemukan masalah” ~ Harrington Emerson

Stephen Covey memgatakan prinsip itu halnya bak mercusuar, mercusuar itu kokoh dilengkapi lampu sorot untuk memandu kapal-kapal yang melintas. Begitu juga dengan prinsip yang akan menuntun kita dalam proses pencapaian.

Apa hal yang paling pundamental dalam menentukan prinsip dalam kehidupan?

Menurut Iwan Nugroho, yang paling utama adalah pikiran kita, banyak literatur dan tokoh yang telah mengulas tentang kekuatan pikiran kita, betapa hebatnya anugerah Tuhan memberikan kita sebuah pikiran yang sangat luar biasa.

Akan tetapi sering kita tidak sadar akan kekuatan hebat pikiran kita dan membatasinya dengan target yang terlalu biasa-biasa. Dan tanpa kita sadari target yang tidak memaksimalkan kekuatan pikiran kita akan menghasilkan sebuah result yang sama rendah dengan target yang kita pikirkan.

Karena… Target yang rendah pikiran dan tubuh Anda akan secara otomatis terkondisikan dengan standar yang rendah.

Begitu juga sebaliknya, pikiran hebat ini seharusnya menjadikan kita untuk berani memiliki target yang tinggi, dan ketika target hebat telah ditentukan maka pikiran, tubuh secara langsung akan bergerak, mencari inovasi, strategi dan langkah-langkah strategis lainnya.

Pikiran kita dasar utama dalam menentukan prinsip hidup kita.

Kembali ke bahasan prinsip, apa prinsip hidup yang kita yakini? Apabila “cinta” menjadi prinsip hidup kita maka lakukan semuanya dengan penuh cinta dan keihlasan, tindakan-tindakan yang lahir dari cinta akan menkadi maha karya hebat.

Apabila kerja keras menjadi prinsip hidup kita, maka pikiran dan tubuh akan meresponsnya dengan sangat cepat, kita tidak akan menyia-nyiakan hidup kita dengan membuang-buang waktu. Seandainyapun dalam proses pencapaian target itu ternyata kita menemukan kegagalan maka yang di respons oleh pikiran kita adalah saya harus bekerja lebih keras, lebih cerdas, bangun lebih pagi dan bekerja lebih hebat!

Saat Anda berpikir anda mampu atau tidak mampu, kedua-duanya adalah benar! Anda akan mampu kalau anda berpikir mampu dan akan kalah saat anda berpikir kalah. Batas tertinggi prinsip hidup kita adalah pikiran kita!

Salam

NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *