FullSizeRender (5)

Memasarkan diri? Kedengarannya aneh. Tetapi yang ingin saya tulis saat ini adalah bagaimana memasarkan diri dalam arti yang positif, tentunya tema ini sangat linier dalam hal karir dan pencapaian atau promosi.

Memasarkan diri memiliki pengertian bagaimana cara kita membuat sebuah organisasi/bisnis atau perusahan tertarik meminang kita dan atau mempromosikan karir kita ke posisi yang lebih tinggi. Terus apa saja hal pundamental yang harus dimiliki oleh seseorang dalam konteks memasarkan diri ini?

Pertama, kita harus mengisi “komposisi diri” apa itu komposisi? Komposisi di dalam sebuah produk minuman adalah komponen isi minuman tersebut, mungkin di dalamnya ada air, gula, perisa atau pengawet. Itulah yang disebut dengan komposisi.

Di dalam diri manusia komposisi itu bisa jadi berbentuk ilmu pengetahuan, keahlian hidup atau kecakapan atau hal – hal terkait lainnya.

Hebat atau tidaknya komposisi seseorang sangat tergantung dari seseorang itu sendiri. Kebiasaan bergaul, seminar, membaca, latihan akan sangat mempengaruhi komposisi dirinya. Semakin jarang mengisi komposisi diri maka semakin rendah pula contents dirinya.

Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang yang memiliki komposisi diri yang maksimal maka karirnya akan hebat? Jawabannya adalah belum pasti!

Kenapa?

Karena hal kedua yang merupakan the winning formulanya adalah : Kemasan!

Minuman dengan komposisi hebat apabila dikemas asal – asalan dengan bungkusan plastic yang diikat ujungnya maka tidak akan laku terjual, seandainyapun terjual maka harganya akan sangat murah. Begitu juga dengan manusia, meskipun memiliki komposisi hebat belum tentu laku terjual, kemasan diri sangat berperan, nah apa itu yang tergolong kemasan dalam diri seseorang? Kemasan merupakan komponen yang lenih banyak bersifat visible, seperti misalnya penampilan, dress code, tata cara bicara, tatapan mata, bahasa tubuh, intonasi vocal, tata rambut dan komponen – komponen lainnya.

Keseimbangan antara sisi dalam (komposisi) dengan sisi luar (kemasan) dalam hal memasarkan diri merupakan satu kesatuan yang akan melahirkan kita sebagai pribadi yang sangat menarik, pribadi yang memiliki komposisi dan kemasan hebat maka akan mampu menciptakan pencapaian dengan lebih cepat dan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selamat mengisi komposisi diri dan mengemas diri dengan baik.

Salam

NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *