“Profit with Principles” ~ Anita Roddick

Wanita yang saya kagumi ini bernama Anita Roddick, istri dari Gordon Roddick, wanita hebat yang memegang prinsip yang sangat kuat.

Anita Roddict adalah pendiri dari The Body Shop, yang bisnisnya kini menjelajah berbagai belahan negara dengan konsep dan nilai-nilai yang sangat kuat.


Anita memulai bisnisnya semata-mata untuk mata pencaharian keluarganya, dengan tekad kuat dan prinsip hebat yang melekat dalam dirinya kini the Body Shop memiliki lebih dari 2300 toko di seluruh dunia. Tetapi dalam berbagai wawancaranya Dia selalu menyampaikan bahwa dia tidak pernah tau kenapa dia bisa sampai di level seperti saat ini.

perjalanan hidupnya sangat kaya, ia pernah tinggal bersama petani, pengusaha, nelayan, pencinta binatang, berinteraksi sangat dekat dengan orang-orang berbagai ras, komunitas daur ulang dan kehidupan sosial lainnya. Akhirnya lahirlah The Body Shop Foundation muara dari perjalanannya selama ini.

Outlet toko pertamanya dimulai dari sebuah tempat yang kecil dengan kondisi yang boleh dikatakan tidak pantas, sekali lagi dengan komitmennya yang kuat bahwa bisnis yang dia lakukan adalah sebuah perjuangan akan banyak hal, keberpihakan terhadap petani, isu lingkungan dan nilai -nilai kuat lainnya dan akhirnya ia mampu meretaskan The Body Shop menjadi perusahan hebat dengan nilai-nilai dan karakter yang kuat, penghargaan mengalir dari pemerintah dan dari berbagai organisasi untuk komitmennya yang tiada henti ini.

Bisnisnya adalah alat komunikasi hak asasi manusia, lingkungan dan keberpihakan kepada isu-isu kekerasan.

The Body Shop adalah perusahan yang berkolaborasi dengan Greenpeace dan berbagai organisasi lingkungan lainnya untuk mengkampanyekan isu-isu lingkungan, pemanasan global dan kekerasan terhadap manusia dan hewan.

Ia secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip kuat dalam bisnisnya, salah satunya adalah community trade. Ia melihat dalam sebuah bisnis harus menyokong community pemasok, menjaganya, dan memberikan arah untuk bersama-sama bertumbuh. Ia konsisten untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam setiap produknya.

Langkah-langkah marketing yang dilakukan lebih ke arah kampanye, mengajak dan menginspirasi. Anita Roddick adalah sosok wanita hebat, seorang ibu bagi ribuan orang-orang yang tidak beruntung, seorang pebisnis handal, seorang yang mengajarkan pada kita bahwa prinsip dan idealisme selalu memghasilkan maha karya yang luar biasa!

Salam

NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *