Baru saja saya datang dari sebuah convenient store deket rumah, saya membeli beberapa barang salah satunya adalah pisau cukur. Tapi setiap saya mengunjungi gerai yang identik dengan warna hijau dan terkesan mewah ini selalu saja saya menyempatkan diri ke rak minuman import yang ada di pojok toko. Barang-barangnya di tata rapi, dingin dilengkapi dengan lampu yang mempercantik penampilannya.

Hari ini saya membeli satu minuman mangosteen juice, isinya cukup sedikit, cuman 150 ml, harganya? Jangan di tanya. Cukup mahal! 38 ribu untuk minuman kecil ini.

Kenapa saya memutuskan untuk membelinya? Kemasannya! Yess! Sekali lagi kemasannya. Bagaimana dengan rasanya? Hmmmm not so bad, that’s mean it’s common in taste. Bagaimana dengan khasiatnya??? 1000% saya gak ngerti, malah sy cukup khawatir dengan kandungan gulanya. (Produk dengan kontens yang hebat itu HARUS! tapi sayangnya itu bukan formula pemenangnya saat ini, dan itu tidak cukup)

Usut – punya usut, semenjak gerai ini ada di sini dan semenjak saya selalu membeli produk minuman import di sela-sela belanja rutin hampir 70% yang saya beli ini adalah minuman import dari Thailand!!!!! Wow! Thailand tau rahasia terbesar memenangkan bisnis saat ini salah satunya terletak pada sesuatu yang bersifat visual.

Dia juga tau segmentasi market berjalan linier dengan experience, mungkin karena itu product2 premiumnya menyasar gerai-gerai cantik yang mampu memberikan tempat yang asik buat produknya mejeng/nampang seakan – akan peri cantik yang melambai-lambaikan tangannya untuk di dekati.

Seperti halnya star bucks yang memutuskan membuat kopi cair dalam kemasan, Dia tau bagaimana mengolah komoditi menjadi goods (barang) dan di saat bersamaan dia mampu mengubah barangnya menjadi pengalaman, sampai-sampai botol kopinyapun enggan untuk kita buang 😂

Win above the crowd! Be smart!

Salam

NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *