Seringkali, dengan rasa takut akan ketidakpastian muncul efek kedua yang mengganggu: kelambanan atau tindakan “tidak berkomitmen”.

Memang, jika kita tidak tahu hari esok akan seperti apa, mengapa kita harus mencoba sesuatu hari ini? Sebuah ungkapan yang kadang dibenarkan oleh pemikiran dangkal kita yang kadang singgah.

Pasar mungkin akan berubah secara drastis besok. Perusahaan kita mungkin perlu melakukan restrukturisasi agar dapat beradaptasi. Pasar saham mungkin ambruk seperti yang terjadi berkali-kali di masa lalu.

Ya, banyak kemungkinan bisa terjadi

Tetapi pola pikir startup mengabaikan “apa yang bisa terjadi.” Ia peduli tentang “apa yang terjadi” dan bertindak berdasarkan hal ini. Ia tahu bahwa hal-hal besar akan berubah dan perubahan itu sebuah keniscayaan akan terjadi.

Satu – atunya hal yang dapat kita lihat kembali, adalah apa yang kita lakukan saat ini. Bukan apa yang tidak kita lakukan karena kita takut dengan apa yang mungkin terjadi.

Jadi penting untuk selalu share value startup mindset ini kepada semua team.

Tetapi akan banyak tantangan karena tidak semua orang mampu menerima kondisi ini, kenapa? karena akan banyak ketidak nyamanan bagi mereka yang sudah terbiasa bekerja dengan pola job desc tanpa mengetahui bahwa job desc ini adalah standard minimum untuk bisa bertumbuh.

Menemukan team yang memiliki startup mindset adalah sebuah proses dan perjalanan, tetapi sekali kita menemukannya maka banyak impact yang bis akita kerjakan.

Ini foto – foto kemarin bersama team ezzyclass.id yang sedang mempersiapkan agenda launching ezzyclass.id bertepatan dengan Dirgahayu Republik Indonesia ke 76.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *