Saya mencoba untuk merangkai formula holistik bagaimana sebuah tujuan (bisa di baca “kesuksesan”) bisa diraih. Mungkin ini terlihat sangat general tapi jujur saya merangkaikan ini dari waktu – ke waktu, ada yang dengan sengaja saya coba terjemahkan tetapi ada yang datang tanpa sengaja dari sebuah obrolan atau bacaan.

Sebuah tujuan/cita-cita/impian atau apapun yang kita sebut sebagai istilah lain dari kesuksesan ternyata memiliki ekosistem yang menuurut saya mesti dipetakan dengan jelas dalam proses perjuangan untuk menggapainya.

Ini lahir dari perjalanan saya selama hampir 20 tahun melakoni berbagai profesi dan dunia usaha mulai dari dunia hospitality, retail, network marketing, training and development sampai dengan merambah dunia Pendidikan. Sebelum disrupsi digital melanda saya merasa semua baik – baik saja, semua tantangan bisa teratasi. Tetapi kondisi akhirnya berubah, saya pernah merasa parno terhadap kondisi disrupsi yang terjadi karena revolusi digital yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Ya, saya sama dengan beberapa teman – teman lainnya yang mungkin merasakan hal yang sama.

Dalam kondisi ini saya justru mencoba untuk menarik diri, bukan melakukan berbagai aktivitas tanpa arah. Saya mencoba untuk melihat lebih seksama kondisi yang ada. Apa benar teknologi mampu berdiri sendiri di dalam proses disrupsi yang terjadi. Apa benar manusia kurang mampu menghadapi kondisi – kondisi ini dan akhirnya terpaku hanya sebagai pengguna semata tanpa mampu melakukan utilisasi dengan cukup siginifikan baik untuk kebutuhan bisnis maupun yang lainnya. Apakah ada faktor lain yang berperan dalam menghadapi tantangan – tantangan digitalisasi (Yang akhirnya saya menemukan “Komitmen” sebagai salah satu jawaban sekaligus yang saya jadikan pondasi dalam proses penciptaan impact), dan bagaimana sebenernya fungsi digital di dalam keseharian manusia, seberapa hebat peran fungsional teknologi dan peran emosional manusia dalam era saat ini dan nanti.

Inilah pertanyaan – pertanyaan yang muncul dalam kepala saya, Apa yang terjadi, Kenapa Terjadi, Siapa yang berperan di dalamnya dan Bagaimana Langkah selanjutnya?

Materi ini saya akan coba sharing di sebuah platform edukasi yang akan di launching tanggal 17 Agustus 2021. Sekaligus platform ini yang bagi saya akan menjawab banyak sekali kegelisahan saya selama ini salah satunya kegelisahan akan bagaimana menemukan sisi fungsional teknologi dengan sisi emosional manusia.

Mohon doa dari teman – teman semua #manusia #teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *