Ini momentum yang sangat bersejarah bagi saya, bertemu dengan salah satu tokoh pemasaran yang sangat karismatik atas undangan dari guru marketing yang sangat saya kagumi Bp. Hermawan Kartajaya. Ya, saya dipertemukan dengan Prof. Philip Kotler dari Kellogg University.

“Marketing is a race without a finishing line” adalah salah satu quote yang begitu powerful dari sosok inspiratif satu ini. Sebuah ungkapan bahwa proses pemasaran adalah sebuah perjalanan yang berkelanjutan dan tanpa henti. inovasi, kreatifitas dan kepekaan untuk menjawab kegelisahan yang ada sangat dibutuhkan dalam menciptakan sebuah pola pemasaran yang impactful.

Sebuah layanan yang berawal dari sebuah pengamatan paradigma yang dalam akan menghasilkan layanan yang memiliki value yang tinggi, setidaknya hal itu saya dapatkan dari sekian lama mengamati proses yang saya sendiri lakukan bersama team.

Ada sebuah penomena yang sering kita amati bahwa banyak sekali orang memutuskan membeli sebuah produk atau layanan atau enaknya disini kita sebut “brand” justru bukan berasal dari sebuah alasan kebutuhan semata. Dari sekian banyak kita mengamati dan berinteraksi walaupun ini masih dalam sebuah gambaran umum dan bukan sebuah hipotesis akademis tetapi sering kita temukan ada faktor – faktor lain yang banyak orang lihat bukan merupakan faktor esensial tetapi justru menjadi esensial. Contoh misalkan saya sering kali ngobrol bersama calon mahasiswa Elizabeth International ketika mereka melakukan pendaftaran di kampus. Saya sering menanyakan apa alasan mereka memilih Elizabeth International? Ternyata jawabannya beragam, missal; Mereka melihat jalinan kerjasama penempatan kerja yang dimiliki Elizabeth International yang luas serta memiliki platform bursa kerja online, ada juga yang menjawab karena banyak lulusannya yang tidak hanya mampu bekerja di sektor perhotelan tetapi banyak diantara mereka yang mampu meniti karir di berbagai industri lainnya, di sisi yang lain ada yang memberikan komentar karena fasilitas Elizabeth International sebagai lembaga vokasi sangat lengkap dan wow, di sisi lain lagi ada yang memberikan jawaban kampusnya kekinian, sangat nyaman dengan berbagai fasilitas penunjang yang dibuat sangat hangat.

Ketika saya mencoba menemui antrean pendaftar dan mencoba untuk menggali alasan mereka memilih Elizabeth International hanya satu atau dua orang yang menjawab lugas dengan mengatakan memilih Elizabeth International karena kualitasnya yang bagus, walaupun dari semua jawaban yang ada tersebut sebenarnya menggambarkan dari sebuah kondisi kualitas yang bagus. Karena bagi kami kualitas baik itu adalah akumulasi dari sebuah proses yang saling melengkapi dan berkelanjutan.

Dari phenomena tersebut, saya mencoba menterjemahkan kegundahan dan kegelisahan konsumen dengan mencoba untuk memetakan sebuah layanan yang selama ini dilakukan dengan perencanaan yang utuh dan menyeluruh kini sering sekali saya memetakannya dengan cara yang parsial tetapi dengan sebuah pengamatan yang cukup kuat tentang kebutuhan yang ada saat itu, tentang trend yang terjadi saat itu atau incoming trend yang akan terjadi. Apabila dirasa resources kita kuat maka sesekali kita mencoba menginisiasi sebuah trend. Memang tidak mudah, tetapi ketika ternyata apa yang kita polakan sedemikian rupa mampu menjawab kegelisahan yang ada maka ketika itu kita masuk ke dalam kategori trend setter yang menciptakan sebuah impact.

Contoh untuk hal ini misalkan ketika Elizabeth International sedari awal mencoba menjalin Kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri seperti Kerjasama dengan Teachcast Oxford, AHLEI, IBCP, GMIS, Markplus Institute dan berbagai industri lainnya dan sampai akhirnya kita meramu ini menjadi sebuah konsep Global Education Hub yang menawarkan berbagai program Pendidikan dan pelatihan seperti perhotelan, digital marketing, manajemen, business and entrepreneurship dan program – program lainnya dan ketika formulasi ini mampu memenangkan hati masyarakat dan industri pemakai maka ini akan menjadi sebuah trend setter yang memberikan warna baru yang sarat inovasi dan kreativitas.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *