Saya rasa semua akan setuju bahwa apapun tantangannya bisnis dan brand kita harus berkelanjutan. Orang nomor satu di kementrian keuangan Ibu Sri Mulyani bahkan telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mengalami zero growth. Bayangkan teman – teman. Kita harus prepare dengan baik dengan sangat – sangat baik.  Indutri pariwisata dan banyak industry ritel saat ini mengalami penurunan yang sangat tajam, bahkan untuk menanamkan rasa optimism saja kadang sulit.

Ibu Sri Mulyani , Source : https://www.wartaekonomi.co.id/

Apakah ada industry yang mengalami kenaikan pada saat seperti ini? Ada. Salah satunya adalah industry farmasi. Selalu ada pola seperti itu dalam krisis. Ada yang terjun bebas dan ada yang mengalami kenaikan dalam waktu yang bersamaan. Tetapi secara keseluruhan ekonomi pasti turun.

Bagi teman – teman yang saat ini ada di bisnis F&B untuk menjaga keberlangsungan brand kita saran saya teman – teman harus menunjukkan reliability produk, yakinkan pada pelanggan bahwa produk kita aman dikonsumsi, gampang diakses, serta bener – bener handal. Selain itu, product dan brand juga wajib memiliki assurance atau jaminan rasa aman bagi pelanggan kita. Ini salah satu cara kita menjawab kegelisahan customer di saat crisis corona saat ini.Apapun bisnis kita saat ini, “tunjukkan dukungan” apabila kita selama ini sering menggunakan cara – cara hard selling atau membayar endorser semata, saat ini waktunya mengajak semua team kita terlibat untuk menjadi micro influencer yang ikut memperjuangkan brand kita. Ajak mereka bergerak, membantu dan peduli.

Selanjutnya adalah Corona mengajarkan kita untuk lebih melek digital. Mau tidak mau. Sebulan lalu saya membaca buku Blue Ocean Shifting kelanjutan dari buku legend Blue Ocean Strategy. Disana dikatakan tidak harus kita menciptakan teknologi atau berlomba- lomba menjadi perusahan teknologi. Tugas kita saat ini adalah memberikan value terhadap berbagai platform digital yang sudah ada. Bagi saya statement ini membuat saya senang sebagai orang yang yang bukan ahli IT. Apakah kita saat ini sudah menggunakan berbagai platform yang ada saat ini dan memberikannya added value? Offline delivery, online transaction rasanya tepat untuk saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *