IMG_0912

“Wajar bagi kita untuk menciptakan penjualan dan keuntungan dalam jangka pendek tapi ingat untuk membangun kesetiaan untuk jangka panjang

kalimat diatas saya jadikan pegangan dalam melakukan movement dalam dunia entrepreneurship. Kenapa? Kembali lagi alasan klasik saya adalah karena kita ingin membangun reputasi, reputasi ini adalah pondasi dari brand kita.

Bayangkan saja dan coba hitung kembali berapa duit yang kita keluarkan untuk membuat kampanye iklan media cetak, elektronik dan berbagai tools lainnya. Tujuannya satu, target kita melakukan transaksi dan usaha kita untung. Masalahnya kemudian apa? Saat ini kita ada dalam sebuah keadaan yang padat, kerumunan yang padat, crowd! Produk yang sejenis banyak, layanan juga mirip, saling intip harga, bahkan saat kita dimanjakan untuk melihat perbandingan harga di satu aplikasi online dengan aplikasi lainnya saat ini malah ada satu aplikasi online dimana kita bisa membandingkan harga di satu aplikasi tersebut tanpa membuka aplikasi lainnya. Saat ini menciptakan deferensiasi bisnis bukan pekerjaan mudah. Ya, tidak mudah!

Ada penomena menarik, beberapa hari lalu sahabat saya mendapatkan tander dari salah satu perusahan berbasis aplikasi online untuk memasang totem letter di beberapa sudut cantik di Bali, sahabat saya yang lain bercerita bahwa dia saat ini mendapatkan project dari salah satu perusahan online shop untuk memasang billboard raksasa di berbagai daerah di seluruh Indonesia, sahabat yang lain bercerita tentang iklan perusahan serupa di beberapa media cetak dan elektronik ditempat dia bekerja.

Saya menangkap pesan bahwa sepertinya saat ini memenangkan visual masyarakat masih sangat penting dalam menggiring calon pelanggan untuk mencicipi layanan kita. Masalahnya kemudian adalah apa pijakan kita dalam membuat deferensiasi bisnis kita? Disaat dunia menjadi kerumunan yang sangat padat, informasi berdatangan dari segala arah penjuru maka warna, goresan dan bentuk tidak lagi menjadi elemen – elemen yang dikatakan kuat untuk berdiri sendiri dalam membangun deferensiasi bisnis, untuk membangun hubungan jangka panjang setelah proses kampanye iklan maka bagi saya yang penting kita fahami berikutnya adalah apa kegelisahan dan permasalahan masyarakat saat ini. Korelasinya bukan hanya untuk memperkenalkan produk kita bahwa produk kita mampu menjawab kegelisahan tersebut, lebih dari itu karena kita ingin menjadi bagian dari kehidupan mereka, kita ingin menjadi keluarga mereka, kita ingin menjadi sahabat yang terhubung secara emotional yang dalam. Semua ini karena kita tau, bisnis harus berpijak pada nilai – nilai dan kita juga tau bahwa tidak mungkin kita selalu menghambur – hamburkan duit untuk kampanye iklan secara terus menerus disamping kampanye iklan yang dilakukan terus menerus dan berusaha untuk menginfluence masyarakat untuk melakukan pembelianhanya akan menjadi pengganggu mereka dan akhirnya mereka menjadi immune terhadap pesan-pesan penjualan kita.

Salam

NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *